THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 03 September 2010

Product Life Cycle Costing

Daur hidup produk (product life cycle) adalah waktu suatu produk mampu memenuhi kebutuhan konsumen sejak lahir sampai diputuskan dihentikan pemasarannya. Biaya daur adalah biaya yang bersangkutan dengan produk selama daur hidupnya, yang meliputi : biaya pengembangan (perencanaan, desaian, pengujian), biaya produksi (aktivitas pengubahan bahan baku menjadi produk jadi), dan biaya dukungan logistik (iklan, distribusi, jaminan dan sebagainya).

Product – life cycle costing adalah sistem akuntansi biaya yang menyediakan informasi biaya produk bagi manajemen untuk memungkinkan manajemen memantau biaya produksi selama daur hidupnya.



ACTIVITY-BASED COST SYSTEM

Yakni merupakan system yang dirancang atas dasar landasan pikiran bahwa produk memerlukan aktivitas dan aktivitas mengkonsumsi sumber daya
Full Accounting Information
(Informasi Akuntansi Penuh)


Definisi Informasi Akuntansi Penuh : adalah seluruh aktiva, seluruh pendapatan yang diperoleh dan/selurh sumber yang dikorbankan suatu objek informasi

Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan, sbb ;

1) Unsur yang membentuk informasi akuntansi penuh adalah total aktiva, total pendapatan, dan /total biaya.
 Full assets : jika informasi akuntansi penuh berupa aktiva
 Full costs : jika informasi akuntansi penuh berupa biaya
 Full revenues : jika informasi akuntansi penuh berupa pendapatan.

2) Informasi akuntansi penuh selalu bersangkutan dengan objek informasi.

Informasi akuntansi penuh merupakan informasi akuntansi langsung yang terjadi dalam objek informasi tertentu ditambah dengan bagian yang adil informasi akuntansi tidak langsung yang dibebankan kepada objek informasi.

Perbedaan dengan Full Cost & Full Costing

Full accounting information terdiri dari : full assets, full costs, dan full revenues.

Full cost merupakan unsur full accounting information, yang juga merupakan total biaya yang berhubungan dengan objek informasi.

Jika objek informsi berupa produk, full cost merupakan total biaya yang bersangkutan dengan produk tersebut.

Perhitungan full cost suatu produk dipengaruhi oleh metode penentuan harga pokok produksi, yang digunakan yakni : Full Costing, Variable Costing, Activity Based Costing

 Full Costing : yakni merupakan salah satu metode penentuan harga pokok produksi yang membebankan seluruh biaya produksi sebagai harga pokok produk baik biaya produksi yang berperilaku variable maupun tetap.

 Variable Costing : yakni metode penentuan harga pokok produksi yang memasukkan semua unsur biaya produksi yang hanya bersifat variable saja.

 Activity Based Costing : yakni merupakan penentuan harga pokok produk yang ditujukan untuk menyajikan informasi harga pokok produk secara cermat dengan mengukur secara cermat konsumsi sumber daya dalam setiap aktivitas yang digunakan untuk menghasilkan produk.

0 komentar: